Pilih Makanan Dengan Gizi Cukup Saat Sahur Maupun Berbuka

http://www.surabaya-ehealth.org/content/memilih-menu-sehat-saat-sahur-dan-berbuka-puasa
Memilih
Menu Sehat Saat Sahur Dan Berbuka Puasa
By DKKSurabaya <http://www.surabaya-ehealth.org/users/dkksurabaya> on August
28th, 2009 at 10:43am
  Teaser:

Pilih Makanan Dengan Gizi Cukup Saat Sahur Maupun Berbuka

*24 Agustus 2009*

*Surabaya, eHealth.** Untuk menghindari kebiasaan kurang sehat dalam
mengkonsumsi makanan dan minuman pada saat sahur atau berbuka puasa, ada
baiknya Anda cermat dan teliti dalam memilih menu makanan dan minuman.
Berikut ini beberapa tips yang diberikan oleh Sulasmi, SKM ahli gizi dari
Puskemas Pakis dalam memilih menu untuk sahur dan berbuka puasa agar tubuh
Anda tetap sehat dan segar selama bulan puasa.*

*1. *Ada kebiasaan salah yang dilakukan sebagian orang, yaitu minum air es
atau es yang dicampur ke dalam minuman sebelum menyantap makanan. Cara ini
sangat merugikan karena es dapat menahan lapar. Akibatnya, hidangan lain
yang lebih bergizi bisa tidak tersantap, sehingga mengurangi asupan nutrisi
yang diperlukan. Maka hindarilah minum es sebelum makan saat sahur dan
berbuka puasa.

*2.* Saat berbuka puasa, mulailah dengan minuman manis hangat. Minuman
hangat akan membantu memperbaiki getah lambung serta menjaga keasaman selama
4 jam untuk memperbaiki gula darah yang langsung dipecah menjadi kalori.
Sehingga bisa menetralkan asam lambung setelah seharian berpuasa.

Dalam mengkreasi menu berbuka, perlu Anda perhatikan ketika memasak kolak.
Ibu dua anak ini mengungkapkan bahwa kolak kurang bagus untuk menu berbuka.
Kolak mengandung karbohidrat tinggi atau zat polisakarida. “Polisakarida
merupakan kandungan karbohidrat komplek yang terdiri dari isi pisang, kacang
hijau, ubi serta santan dan gula. Jika terpaksa, Anda dapat membuat kolak
yang sebaiknya tidak menggunakan santan,” jelasnya.

Jika Anda memilih sirup untuk hidangan manis, idealnya hanya 2 sendok untuk
satu gelas air. Kecuali yang menderita Diabetes, maksimal 5 gr per gelas,
tetapi harus yang bersifat *low sugar*.

*3.* Saat berbuka puasa tiba, ada baiknya mengisi perut dengan makanan
ringan seperti roti, ketan, gorengan atau makanan ringan lain. Biarkan
lambung Anda beradaptasi dengan makanan ringan terlebih dahulu, serta
gunakan waktu untuk sholat Maghrib. Setelah kurang lebih setengah jam dari
waktu berbuka, barulah Anda menikmati menu utama.

*4.* Jika saat malam hari Anda lapar dan ingin makan, maka hal tersebut
diperbolehkan dan sah-sah saja. Bahkan, Sulasmi menganjurkan untuk makan di
malam hari dianjurkan untuk memenuhi asupan kalori dengan hitungan 100%.
Pemenuhan kalori ini dicapai saat berbuka 30%, makan malam 40%, dan sahur
30%.

*5.* Terkadang momen puasa ini dimanfaatkan untuk memperbaiki penampilan
oleh kebanyakan kaum wanita. Bulan puasa adalah momen yang pas untuk diet
bagi wanita,tetapi jangan gunakan pola diet yang ketat. Agar diet Anda
sukses tetapi tubuh tetap *fresh* selama berpuasa*, *maka kurangi asupan
kalori saja. Jika kalori normalnya 100%, maka Anda cukup memenuhi 60% dari
biasanya dengan menghilangkan makan malam.

*6.* Jangan anggap sepele makan sahur. Tidak jarang orang enggan bangun
untuk makan sahur karena merasa masih kenyang dan sebagainya. Padahal makan
sahur sangat penting untuk mengimbangi zat gizi yang diperoleh tubuh selama
sehari berpuasa. Makan sahur janganlah asal kenyang, tetapi harus bergizi
tinggi. Hidangan atau menu sahur harus bisa menjadi cadangan kalori dan
protein serta membuat lambung tidak cepat hampa makanan. Dengan demikian,
rasa lapar tidak cepat dirasakan. Makan sahur haruslah yang cukup mengandung
protein dan lemak.

Penting juga diperhatikan makan-makanan sahur jangan berkuah, kurang bagus
karena bisa mempengaruhi nafsu makan, menyebabkan asupan kalori berkurang.
Idealnya seseorang dalam satu hari mengkonsumsi 2100 kalori terhitung 100%.
Begitu juga seseorang yang menjalankan ibadah puasa juga harus memenuhi
asupan kalori tersebut.

*7.* Jika makan sahur janganlah terlalu malam, makanlah pada waktu jam sahur
(antara jam 02.30 sampai 03.30 Wib). Hal ini dikarenakan agar bisa menahan
lapar lebih lama. Selain itu, sekaligus untuk memperbaiki metabolisme tubuh
dan memperbaiki hipoglikemi kadar gula darah di bawah standar.*(Ima)*

-- 
Sesungguhnya, hanya dengan mengingat Allah, hati akan tenang.
now surely by Allah's remembrance are the hearts set at rest.
N'est-ce point par l'évocation d'Allah que se tranquillisent les coeurs.
im Gedenken Allahs ist's, daß Herzen Trost finden können.
>> al-Ra'd [13]: 28

http://www.mail-archive.com/daarut-tauhiid@yahoogroups.com/msg09075.html
Dipublikasi di Uncategorized | Tinggalkan komentar

Ahli Gizi: 4 Sehat 5 Sempurna Tak Perlu Dikonsumsi Sekaligus

Jakarta – Teori 4 sehat 5 sempurna selama ini telah salah kaprah. Masyarakat memahami konsep itu sebagai harus mengonsumsi komponen 4 sehat 5 sempurna sekaligus setiap sesi makan. Menurut ahli gizi, aplikasi 4 sehat 5 sempurna yang bagus yakni mengonsumsinya dengan cara bertahap. Seperti apa? Menurut ahli gizi yang terkenal dengan resep food combining-nya, Andang Gunawan, teori makan 4 sehat 5 sempurna sekaligus setiap sesi makan telah ketinggalan zaman. Yang benar, konsumsi 4 sehat 5 sempurna harus mengikuti irama tubuh yakni memperhatikan pencernaan. “Tubuh kita ini kan ada ritme. Dalam pola makan itu yang penting bukan memasukkan 4 sehat 5 sempurnanya, tapi pencernaannya. Oke kita memasukkan 4 sehat 5 sempurna, tapi dicerna nggak oleh tubuh kita?” kata Andang saat berbincang dengan detikcom, Kamis (8/12/2005). Maka itu, menurut Pimpinan Redaksi Majalah Kesehatan Nirmala itu, makan yang baik adalah makan yang memperhatikan ritme pencernaan tubuh. Pada pagi hari, sekitar pukul 04.00-12.00 WIB, tubuh dalam siklus pembuangan. Siang hari, pukul 12.00-20.00 WIB merupakan siklus pencernaan. Sementara malam hari atau sekitar pukul 20.00-04.00 WIB merupakan siklus penyerapan. Masih agak susah dipahami? Praktek konkretnya seperti apa? Gampangnya, pada pagi hari karena merupakan siklus pembuangan, tubuh tidak boleh diisi dengan makanan yang berat-berat karena akan menghabiskan energi dan belum bisa dicerna. “Pagi hari paling bagus kita makan buah-buahan. Karena pagi merupakan fase pembuangan, kita harus makan makanan yang menambah energi dan membantu pembuangan. Aspek itu ada pada buah-buahan,” jelas Andang. Andang meyakinkan meski hanya mengonsumsi buah pada pagi hari, tubuh tidak akan kekurangan energi. “Buah itu melakukan pembakaran sendiri, jadi kita tidak akan kekurangan energi,” tandasnya. Selanjutnya pada siang dan malam? Menurut Andang, siang hingga sekitar pukul 20.00 WIB malam, orang boleh menyantap 4 sehat minus buah. Karena buah sudah dikonsumsi pada pagi harinya. “Siang dan malam itu merupakan fase pencernaan, jadi kita bisa mengonsumsi makanan berat,” jelasnya. Untuk lauk pauk yang berupa daging atau ikan, menurut ahli gizi itu, cukup dikonsumsi sekali makan saja baik siang hari saja atau malam hari saja. Sehari, satu kali saja mengonsumsi daging sudah mencukupi kebutuhan gizi. Anak Kecil dan Kuli Apakah konsep makan food combining cocok bagi anak kecil terutama balita yang dalam taraf tumbuh kembang? Andang menjawabnya ya. Andang memberikan contoh banyaknya obesitas dan autis pada anak sebagai akibat pola makan yang salah. Dalam pandangan masyarakat selama ini, balita mendapat makan besar 3 kali sehari, minum susu dan makanan tambahan. “Coba bayangkan, anak kecil sudah makan tiga kali masih dipaksa minum susu dan makanan tambahan, apa lambungnya kuat? Yang ada mereka muntah. Kalau pun tidak yang terjadi obesitas. Itulah yang kini banyak muncul di perkotaan,” jelas perempuan cantik itu. Bagaimana dengan kuli? Apakah gaya makan ala food combining yang hanya sarapan buah cocok bagi mereka? Andang menyatakan, pola makan food combining bukan untuk diterapkan pada kuli. Bagi kuli, menerapkan food combining saja susah, apalagi mengikuti pola makan 4 sehat 5 sempurna selama ini. “Nggak bisa dipukul rata. Bagi kelompok kuli itu kan mikirnya besok bisa makan atau tidak. Mereka sudah bisa makan saja bagus. Justru itu kelompok yang menerapkan food combining bisa menyumbangkan sisa makannya pada mereka (kuli),” kata Andang. Foto: Andang Gunawan (Repro Majalah Nirmala)

Sumber: detiknews.com

Dipublikasi di Uncategorized | Tinggalkan komentar

Makanan Untuk Pikiran

Dalam bahasa Inggris ada idiom food for thought yang artinya kurang lebih ialah makanan untuk pikiran. Blog ini dibuat dengan harapan dapat menambah wawasan bagi siapa saja yang membacanya. Selamat membaca.

Dipublikasi di Uncategorized | Tinggalkan komentar

Hello world!

Welcome to WordPress.com. After you read this, you should delete and write your own post, with a new title above. Or hit Add New on the left (of the admin dashboard) to start a fresh post.

Here are some suggestions for your first post.

  1. You can find new ideas for what to blog about by reading the Daily Post.
  2. Add PressThis to your browser. It creates a new blog post for you about any interesting  page you read on the web.
  3. Make some changes to this page, and then hit preview on the right. You can always preview any post or edit it before you share it to the world.
Dipublikasi di Uncategorized | 1 Komentar